Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Penjas / PJOK Kelas 6 SD Gerak Dasar Permainan Bola Kecil

Materi Penjas / PJOK Kelas 6 SD Gerak Dasar Permainan Bola Kecil -  Halo pada kesempatan kali ini sekodas.com akan memberikan bahan ajar penjaskes permainan bola kecil kelas VI Sekolah Dasar Semester 1. Sudah tahukah kalian dengan permainan bola kecil seperti kasti atau softball?

gerak dasar permainan bola kecil softball

Permainan kasti atau softball merupakan permainan yang menggunakan bola kecil. Jadi olahraga tersebut termasuk ke dalam permainan bola kecil. Oke, langsung saja simak penjelasan kami di bawah ini:

1. Sejarah Singkat Softball

Permainan softball di temukan oleh orang Amerika Serikat yang bernama George Hensock pada tahun 1887. Pada permainan ini ada peraturannya yang disusun oleh Lewis Robert pada tahun 1906. Pada tahun 1916, permainan softball dikembangkan oleh Matthew. Sedangkan pada tahun 1969, permainan ini dipertandingkan pertama kali di PON VII di Surabaya. Induk organisasi softball di Indonesia adalah PERBASASI (Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia).

2. Perlengkapan Softball

Untuk memainkan olah raga softball ini diperlukan sebuah peralatan, mulai dari kostum hingga bola yang digunakan. Berikut alat-alat yang dipakai dalam permainan softball:

  1. Orang yang bermain olahraga softball harus memakai kostum seragam dengan ketentuan bagian kaos depan ditulis nama daerah (perkumpulan) dan bagian belakang atau punggung harus mencantumkan nomor punggung.
  2. Penjaga harus mengenakan glove (sarung tangan) yang terbuat dari kulit yang berukuran besar dan tebal serta memiliki berat 283,33 gram. Untuk penjaga belakang atau catcher juga mengenakan glove, yang dilengkapi juga dengan pelindung muka atau kepala yang disebut dengan masker/face mask dan pelindung badan yang disebut dengan body protector.
  3. Bola yang dipakai terbuat dari kulit yang berwarna putih dengan keliling 30,5 cm. Pemukul terbuat dari kayu dengan ukuran panjang 86,4 cm.

3. Pemain

Permainan softball memiliki jumlah pemain yang setiap regunya 9 orang. Dari setiap regu salah satu pemain harus menjadi kapten regu. Adapun susunan pemain sebagai berikut:

Pemain 1    : pitcher
Pemain 2    : catcher
Pemain 3    : first baseman
Pemain 4    : second baseman
Pemain 5    : third baseman
Pemain 6    : short shop
Pemain 7    : left fielder
Pemain 8    : center fielder
Pemain 9    : right fielder

4. Lapangan Softball

ukuran lapangan softball


Bentuk lapangan permainan softball berbentuk bujur sangkar/persegi dengan ukuran panjang tiap-tiap sisinya adalah 16,76 meter. Jarak dari home base ke tempat pelempar adalah 13,07 meter. Tempat pelempar berdiri seluas 60 x 15 cm. Pada permainan softball ada 3 base yaitu base I, base II dan base III, sedang base IV merupakan tempat memukul. Base terbuat dari karpet karet dengan ukuran 38 x 38 cm dan memikili ketebalan 12,5 cm. Khusus home base IV dengan ukuran 43 x 21,5 cm dengan sisi puncak 30 cm.

Perpanjangan garis dari home ke base I dan ke base III dinamakan garis batas atau sektor. Dan berguna untuk menentukan jatuhnya bola di dalam atau di luar garis batas tersebut.

5. Teknik Dasar Pelambung (Pitcher)

Pada permainan softball melempar bola harus dengan teknik dan tidak asal-asalan dalam melempar. Bagaimana teknik melempar bola yang baik? perhatikan teknik-teknik berikut ini:

Lemparan bola dalam permainan softball dilakukan dari arah bawah. Lakukan dengan mengayun tangan dari belakang ke depan.

Berdiri sikap melangkah ke depan, bola di pegang di depan badan, pandangan ke arah pemukul. Tangan yang memegang bola diputar ke atas, ke belakang lalu ke depan. Sebelum tangan kembali ke sikap awal pada saat tangan kanan di samping badan lepaskan bola ke depan dan usahakan ketinggian bola di antara lutut dan bahu pemukul. Akhiri gerakan kaki kanan ke depan, berat badan dibawa ke depan.

6. Teknik Memegang Tongkat

Permainan softball dalam memegang tongkat juga menggunakan teknik yang benar. Teknik yang gunakan yaitu pegang pemukul dengan kedua tangan dengan erat dan tangan saling merapat. Sendi antara kedua dan ketiga jari-jari tangan yang di atas segaris dengan pertengahan ruas ketiga jari tangan yang ada di bawahnya.

Memegang tongkat dalam softball ada 3 teknik yang dapat digunakan yaitu sebagai berikut:

  1. Pegangan bawah : tongkat dipegang dekat dengan bonggol
  2. Pegangan tengah : tongkat dipegang dengan posisi tangan bawah 2,5 cm/5 cm dari bonggol
  3. Pegangan atas : tongkat dipegang dengan posisi tangan bawah 7,5 cm/10 cm dari bonggol

7. Cara Bermain softball

a. Regu yang mendapat kesempatan memukul bola maka setiap pemain mendapat kesempatan memukul bola 3x. Jika pukulan pertama atau kedua sudah baik, pemukul harus segera lari.

b. Urutan pemukul ditentukan oleh nomor urut yang sudah ditentukan sebelum permainan dimulai

c. Tiap-tiap base harus diisi dengan seorang pemain pemukul, dimana pemukul pertama tidak boleh dilalui pemukul kedua dan seterusnya

d. Pemain bebas mengadakan pergerakan selam bola dalam permainan, kecuali bila pitcher sudah siap melempar bola kepada pemukul.

e. Pada waktu akan di "tik" pelari tidak boleh menghindar dengan berlari keluar atau ke dalam dari batas yang sudah ditentukan.

8. Strike

Dalam permainan softball ada istilah strike atau daerah pemukul. Strike dapat dihitung jika terjadi hal-hal berikut:

a. Bola yang dipukul, baik kena atau tidak kena

b. Lemparan yang baik (antara bahu dan lutut) tetapi tidak dipukul

c. Bola yang dipukul meleset keluar. Apabila pukulan itu terus menerus meleset, maka akan diulang sampai pukulan tadi baik. Kecuali jika pukulan meleset itu melambung dan tertangkap regu penjaga, maka pemukul itu langsung mati.

9. Free Walk

Istilah free walk atau lari bebas dapat diberikan jika terjadi hal-hal berikut:

a. pitcher melempar bola 4x (4x pula melakukan ball atau salah)

b. Pemukul dihalang-halangi oelh regu penjaga pada waktu akan menuju base

c. Bila semua base terisi, sedangkan pemukul telah 3x tidak mengenai pukulannya disebabkan pitcher melemparkan bolanya salah terus atau ball

10. Cara Mematikan Pemain dan Pertukaran Tempat

Cara mematikan pemain dengan jalan di tik atau dikenai bola sebelum pelari sampai ke base. Pertukaran tempat antara regu pemukul dan regu penjaga terjadi jika regu pemukul dinyatakan 3x mati.

11. Cara Mendapat Angka

Mendapat nilai 1 jika pelari dengan pukulan yang baik dan dapat kembali dengan selamat melampaui home base. Setiap pelari yang menuju base harus berada di base tadi da tidak boleh lewat. Apabila lewat boleh di "tik" kecuali lari pada base yang pertama boleh lewat.

Jika ada bola yang dipukul melambung dan tertangkap oleh penjaga maka si pemukul dinyatakan mati. Para pemain lainnya harus kembali ke base yang semula ditempati dengan cepat agar basenya tidak dibakar. Pemain yang sudah dinyatakan mati tidak dapat melanjutkan perjalanannya. Ia harus masuk kotak (tempat yang disediakan) untuk menunggu giliran memukul bola lagi.

12. Lamanya Permainan

Permainan softball ditentukan dengan inning dan permainan ini lamanya adalah 7 inning. Apabila dalam permainan nilainya sama selam 7 inning, maka pertandingan dilanjutkan dengan menambah inning. Dalam peraturan internasional, jika salah satu regu menolak permainan ulang atau inning maka dinyatakan kalah dengan skor 0 - 7.

Demikian Materi Penjas / PJOK Kelas 6 SD Gerak Dasar Permainan Bola Kecil yang bisa kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat buat kalian semuanya.

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News