Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari

Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari - Adik-adik kelas 6 SD dimanapun berada, pada pertemuan kali ini sekodas.com akan memberikan sebuah materi pelajaran yakni nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang dapat mengatur antara manusia dengan Tuhan, masyarakat, dan lingkungan. Selain sebagai dasar negara Pancasila juga memiliki nilai yang mendalam salah satunya yaitu rela berkorban. Selain itu mari kita bahas satu per satu nilai-nilai yang terkandung di setiap sila yang ada pada Pancasila.

Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa

Sila pertama merupakan sila dasar dari keempat sila yang ada pada pancasila. Segala hal yang berhubungan dengan moral, huum, politik, pemerintahan, dan semua itu tidak bisa dipisahkan dari sila pertama. Sebab, hal-hal tersebut dijiwai oleh nilai Ketuhanan.

2. Sila kedua, Kemanusiaan yang adil dan beradab

Dasar dari sila kedua merupakan manusia sebagai makhluk sosial yang masih butuh bantuan orang lain. Dalam hal ini negara juga menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia sebagai makhluk yang beradab. Sila kedua ini juga mengajarkan manusia untuk bertindak adil kepada diri sendiri, orang lain, masyarakat, bangsa, negara dan lingkungan.

3. Sila ketiga, Persatuan Indonesia

Nilai yang diajarkan pada sila ketiga ini adalah agar manusia saling menghormati adanya perbedaan dan keanekaragaman suku, ras, dan agama (SARA), mau mewujudkan kerukunan hidup berbangsa dan bernegara, serta mau bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama.

4. Sila keempat, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan

Nilai yang terkandung pada sila keempat ini adalah mengandung nilai kerakyatan, kedaulatan ada di tangan rakyat, keputusan dapat diambil melalui musyawarah untuk mufakat, setiap orang memiliki hak, kewajiban dan kedudukan yang sama, rakyat merupakan kekuasaan tertinggi negara.

5. Sila kelima, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Sila kelima memiliki beberapa nilai yang perlu dipahami yaitu nilai keadilan pada kehidupan rakyat Indonesia, setiap warga negara Indonesia mendapat perlakuan yang adil di segala bidang, menghormati hak orang lain.

Demikian bahan ajar tentang Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari yang dapat kami berikan. Semoga postingan ini memberikan manfaat bagi adik adik kelas 6 sekolah dasar dalam belajar PKn/PPKn semester 1 kurikulum 2013 ini.

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News